Senin, 11 Februari 2013

Jenis-jenis sarung tangan kiper


Salah satu ciri khas dari seorang kiper adalah sarung tangan / gloves. Walau saat ini saya sudah tidak pernah lagi menggunakan nya, namun ada beberapa hal yang setidaknya bisa saya bagikan kepada FusKipsekalian, yaitu tentang jenis-jenis sarung tangan kiper.
Karena tidak ada hukum baku dalam futsal yang mengharuskan kita barehand atau tidak menggunakan sarung tangan. Maka mau menggunakan atau tidak merupakan keputusanmu sendiri. Karena tidak sedikit kiper futsal yang menggunakan sarung tangan.
Sarung tangan untuk kiper menurut saya saat ini dibagi menjadi 2 Jenis, Full Finger dan Half Finger.
  • Sarung Tangan Kiper Half Finger

Merupakan salah satu jenis sarung tangan kiper yang pada bagian ujungnya terbuka atau terkesan seperti terpotong. Banyak yang mengatakan bahwa sarung tangan jenis ini merupakan sarung tangan khusus yang dibuat untuk kiper futsal.
sarung tangan kiper half finger Jenis Jenis Sarung Tangan KiperDengan menggunakan sarung tangan half finger akurasi dari lemparan kita akan tetap terjaga dimana salah satu teknik yang harus dikuasai oleh kiper futsal adalah teknik melempar, sehingga dengan menggunakan sarung tangan jenis ini kita bisa mencengkram bola futsal dengan jari kita secara sempurna.
Dan ketika kita mengantisipasi tendangan dengan half finger telapak tangan tidaklah terasa panas karena terdapat latex.
Namun kelemahannya terdapat pada tidak adanya perlindungan fingersave terutama untuk bagian ujung jari yang terbuka, hal ini menyebabkan riskan cedera pada ujung jari.
Contohnya: Adidas F50 sala Short Finger, Nike 5 Futsal Gloves, Mitzuda Kensuke, Mitre-Hyper Pro dll
  • Sarung Tangan Kiper Full Finger

Pada sarung tangan jenis full finger sendiri terbagi menjadi 2 bagian, yaitu yang terdapat fingersavenonfingersave.
Jenis sarung tangan full finger banyak dijumpai di pasaran, dari yang biasa saja hingga yang luar biasa. Intinya sarung tangan jenis ini menutupi tangan hingga ujung jari karenanya disebut full finger.
Berkebalikan dengan sarung tangan half finger, sarung tangan jenis ini menurunkan akurasi lemparan (yang saya rasakan) hal ini karena sulitnya mencengkram bola. Kalaupun dipaksakan untuk melakukan lemparan dengan mencengkram menggunakan ujung jari, maka latexsarung tangan pada bagian ujung jari akan menjadi cepat habis/abrasi.
Namun sarung tangan full finger ini setidaknya mampu memberikan keamanan lebih dibanding sarung tangan half finger. Karena seluruh jari tertutup, apa lagi jika terdapatfingersave pada sarung tangannya, maka tingkat cedera pada jari bisa diminimalisir.
Karena fungsi utama dari fingersave sendiri adalah untuk membuat kiper menjadi lebih aman, dan meminimalisir cedera pada jari tangan.

sarung tangan kiper Jenis Jenis Sarung Tangan Kiper

Tidak ada komentar:

Posting Komentar